Apa Penyebab Laptop Mati Total?


sudah beberapa hari ini, hatiku gelisah tidak karuan……penyebabnya adalah laptopku ACER aspire 4720z mati total. satu-satunya sarana produksi dan penopang kreativitasku sudah harus di opname entah untuk waktu berapa lama. sayang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya apa?. trus berdasarkan beberapa info yg ak dapet dari mbah google ternyata ada beberapa faktor penyebab laptop mati total. diantaranya adalah pemaksaan kinerja yg berlebihan melampaui kemampkuan maksimalnya sehingga mesin panas trus mati. bisa juga disebabkan karena salah memperlakukan laptop tersebut pada hardwarenya, seperti kesalahan yg saya lakukan. pada saat saya lupa membawa cargre d kos2an, saya terpaksa pinjam cargre dari teman yg notabenya adalah punya AXIO. saya semat senang karena bisa hidup laptopnya alias cocok dengan punya saya. tidak lama kemudian kira2 sekitar 30 menit laptop mati dan tidak bisa di hidupin lagi. saya mulai panik dan berharap masih bisa klo menggunakan cargre aslinya (orisinil). setelah sampai d rumah saya coba dgn cargre aslinya ttp tidak bisa menyala, tidak ada tanda2 kehidupan. indikator cargre hanhya kelap-kelip. APA PENYEBABNYA? setelah saya telusur lebih jauh ternyata cargre AXIO yg saya pakai adalah punya netbook bkn pnya laptop (voltase lebih kcil) ini kemungkinan yg menyebabkan laptop kekurangan suply listrik dan menyebabkan mati. masalah masih belum ditemukan dgn jelas, hardware apa yg rusak? apa mungkin pada power suplynya, atau mndtherbordnya?. ah…..katanya temen sih lok laptop model lama ada regulator arus (sekring) sehingga pada saat arus listrik bermasalah bisa putus pada regulator tersebut, apa iya? setelah saya cari info lok rusak mondtherbordnya biaya servisnya mahal sekitar 70% dr harga beli (kira2 2 juta) wuuuh mahal banget. tapi saya berharap ini masalah pada regulator arus or powes suply saja sehingga kira2 tidak bth biaya mahal utk menggantinya. tapi waktu saya hidupkan dgn batry tanpa cargre jg g hidup. minta info dunk dari temen2 yg punya skema rangkaian laptop ACER ASPIRE 7420Z, apa benar ada regulator arusnya, biar saya bisa identifikasi kerusakanya, sementara ini daari toko2 di jember tdk ada yg berani menanganinya, harus d opname ke ACER CENTER d surabaya. semoga ada pencerahan dari sobat2 blooger

About ariwahono
karyawan ICCRI (Indonesian Coffe & Cocoa Research Institute) dulu sich pernah kul di perkebunan jember

8 Responses to Apa Penyebab Laptop Mati Total?

  1. whydie says:

    y terus gimana..solusinya apa laptonya bisa hidup lagi..? masalahya laptop saya jga mengalami hal yang sama….? saya harap kaka bisa membantu …memberikan infonya …trimakasih….” ( widy . di bekasi )

  2. ariwahono says:

    to whydie: bisa dibetulkan dan bisa hidup normal seperti yg telah saya lakukan. tergantung jenis kerusakanya dan jenis laptopnya, klo laptop seri lama biasanya ada regulator arus antara carger dan mantherboad sehingga bila terjadi hubungan pendek arus kerusakan tidak sampai pada mantherboad (penggantian regulator/sekring ini tdk terlalu mahal). namun laptop seri baru biasanya tidak ada regulator arusnya sehingga bila terjadi hubungan pendek arus listrik mengakibatkan kerusakan mantherboad secara keseluruhan (biasa di ganti namun cukup mahal biaya diatas 2 jt).

  3. jujenx says:

    sama mas broo,… saya juga udh bbrpa hari ni gelisah,. karna si jak (laptop saya rusak)….
    problemnya hampir sama dgan mas,,, kga bisa nyala saat tombol power ditekan,. padahal lampu indikator dari adaptor nyala,… truzz saat saya bawa ke doktter,. katanya ic powernya yang rusak,, stelah bbrpa hari dokternya nelphone ke saya,. ktanya penyakit si jak tambah parah,. ternyta yang rusak bkan ic powernya tapi, chipset intel pad mainboardnya,… stelah dokternya nyaranin buat operasi,. (karna biaya yang mahal), saya memutuskan untuk merawat si jak dirumah saja,….
    stelah sampai drumah,. dan saya test,. terbyata si jak tetap tidak mau hidup,. dan lampu indikator dari adaptor pun tidak menyala lagi seperti sbelum di ke dokter,…
    ternyata si jak telah diperlakukan semena-mena,.. dan ini harus dipertanggung jawabkan,..!!!!

    saran nie mas broo,.. klao mau memperbaiki bawa barang kesayangan harus dibawa ke ahlin ya,. dan yang kira-kira dapt di pertanggung jawabkan perbuatannya oleh pihak tersebut

  4. ahmad says:

    setahu ane sih permasalahan pada laptop acer yg mati total bisa d atasi dengan memflash bios dgn ciri2 led nyala kipas fan nyala , untuk cara memflash bios bisa d cari d mbah google. biasanya 99% berhasil .ne dari pengalaman ane

  5. Irland says:

    Tanya donk om2 semua nya, netbook ane samsung nc 108 gak mao nyala padahal ud pencet tobol power dan lampunya nyala, suara harddisknya juga jalan, test cabut ram ttp gak mao idup juga, apa nih gara2 ane sering gak matiin netbook ane ya maen tinggal tutup aja gak di shutdown dulu or dilogoff dulu…mohon advice nya om2 semua yg ud pd expert :)

    Irland

  6. azka_gunadarma@yahoo.com says:

    sama ,saya pakai laptop compaq seri cq42.sama persis keluhannya,ya setelah telusuri ada 2 kemungkinan pada DC power yg soldiernya sudah agak rapuh.biasanya faktor umur,nah disisi lain bisa dicoba dengan menyambungkan DC jack dihub ke mainboard?,faktor kedua ada tegangan pada mainboard yg putus ,penyebabnya biasanya krna terkena air ,atau keringat ketika anda hendak membersihkan kipas ataupun mencopt mainboard.semoga bermanfaat :)

  7. Penyabar says:

    Sama mas bro, laptop ane juga mati. Sebelumnya masih bisa nyala lagi setelah di pencet powernya beberapa kali. Tapi sekarang ga ada indikasi kehidupan nih laptop. Mumet dah….

  8. df tech says:

    setau ane klo laptop matot tpi lampu indikatornya nyala itu kena vganya biasanya klo ga di reball di rehot vganya klo blm brpengalaman pasti short

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 652 other followers

