Tips menigkatkan kinerja komputer


Saya beberapa kali menjumpai komputer (PC) atau Laptop dengan spesifikasi komputer yang relatif menengah keatas, tetapi ketika menjalankan program / browsing di windows explorer, sering terasa lambat. Setelah diperiksa, seringkali pengguna kurang memperhatikan bagaimana [tip] meningkatkan kinerja windows XP yang digunakan.

Sebenarnya banyak cara/tips untuk meningkatkan kinerja Windows, bisa dilakukan secara software maupu hardware. Yang akan dibahas disini adalah meningkatkan kinerja Windows (secara software) dengan 3 langkah sederhana.

1. Mengatur Seting “Performance Options”

Klik kanan My Computer pilih tab Advanced dan Klik Setting pada bagian Performance

Agar komputer berkerja lebih cepat, maka bisa dipilih Adjust for best performance, tetapi jika ingin tetap menggunakan tampilan XP, pilih saja (beri tanda cek) pada pilihan :

  • Use visual styles on windows and buttons
  • Smooth edges of screen fonts
  • Use drop shadows for icon labels on the desktop (jika icon desktop diaktifkan)

Animasi lainnya tidak begitu penting, jadi di hilangkan tanda cek-nya.

2. Mengatur aplikasi yang berjalan dengan windows

Ini mungkin akan banyak berpengaruh ke kinerja dan penggunaan Memori. Sebagian pengguna tidak begitu memperhatikan apa saja aplikasi yang otomatis berjalan bersama windows ketika start up. Padahal banyak aplikasi yang tidak penting, tetapi selalu berjalan di backround, sehingga ikut memakan Memory (RAM) komputer dan kadang memperberat kinerja.

Jika anda menggunakan laptop, maka biasanya aplikasi yang otomatis berjalan dengan windows akan semakin banyak. Salah satu indikasinya adalah banyaknya icon yang ada di sistem tray. Bagaimana mengatur dan memeriksa aplikasi-aplikasi yang berjalan dengan windwos ini ?

Cara paling mudah dan disarankan adalah menggunakan software gratis Autorun, bisa di download di http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb963902.aspx atau Download langsung (zip) Autorun

Selain ukuran yang kecil, software ini bersifat portable. Tetapi mungkin ini adalah aplikasi autorun terbaik yang ada selama ini. Setelah di download, jalankan dan pilih tab Logon. Nah daftar yang ditampilkan adalah daftar aplikasi yang otomatis berjalan bersama windows. Hilangkan tanda cek agar aplikasi tidak otomatis berjalan.

Aplikasi yang tidak penting misalnya fasilitas auto update / registration dari program-program seperti Printer, Adobe acrobat, CorelDraw dan lainnya. Selain itu berikut beberapa aplikasi yang sering ikut berjalan bersama windows, tetapi tidak begitu penting :

  • Adobe Acrobat SpeedLauncher
  • Alcmtr ( Realtek Azalia Audio – Event Monitor)
  • EPSON Status Monitor ( jika menggunakan printer lain, seperti HP, Canon dan lainnya biasanya juga ada )
  • RTHDCPL (Realtek HD Audio Control Panel)
  • Skytel (Realtek Voice Manager)
  • SunJavaUpdSched ( Java(TM) Platform SE binary)
  • dan lain-lainnya

Tip ini seharusnya juga akan mempercepat proses booting komputer. Jika masih lambat, coba baga juga artikel Tips mengatasi booting/loading komputer yang lambat

3. Mematikan Indexing Service

Indexing service merupakan fasilitas windows untuk membuat dan mengupdate index file/folder secara berkala, sehingga ketika menggunakan fasilitas Search di explorer, maka pencarian bisa lebih cepat. Kadang fitur ini sering membuat kinerja PC menjadi lambat, apalagi jika jarang menggunakan fasilitas Search/Find. Untuk menon aktifkannya melalui langkah berikut :

  1. Buka Control Panel > Add or Remove Programs
  2. Pilih Add/ Remove Windows Components
  3. Hlangkan tanda cek pada Indexing Service klik saja next
  4. Tunggu proses sampai selesai

Yang jelas maih banyak tips yang lain untuk meningkatkan kinerja windows [XP], tetapi minimal dengan dua langkah pertama tersebut, akan terasa perbedaannya.

Dengan spesifikasi komputer standard saat ini, untuk menampilkan windows [Xp] secara penuh seharusnya kurang dari satu menit atau sekitar itu. Tetapi jika tampilnya lebih dari 2 menit atau berhenti lama sebelum desktop (icon, start menu dan lainnya ) tampil penuh, kemungkinan ada yang bermasalah windows-nya.

Ada beberap hal yang bisa kita cek untuk mengetahui permasalahan ini. Hal mendasar yang harus diperiksa adalah program apa saja yang berjalan ketika windows tampil. Untuk mengetahuinya bisa di periksa dengan tools seperti Autoruns. Lihat di Tab Logon terutama bagian HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run sampai kebawah.

Daftar yang ada merupakan program yang akan selalu dijalankan bersamaan dengan windows. Jika ada program yang tidak dikenal, mencurigakan atau aneh, hilangkan tanda check disampingnya, yang berarti program tersebut tidak akan dijalankan ketika windows start. Atau program yang hanya meminta Update atau aplikasi lainnya yang tidak begitu penting, hilangkan saja tanda checknya ( baca juga inidan ini )

Setelah selesai, kemudian Restart Komputer, dan periksa apakah loading masih juga lambat. Jika masih lambat maka perlu dicek Sistem-nya dengan langkah sebagai berikut :

  • Buka Event Viewer (Control Panel > Administrative Tools > Event Viewer)
  • Setelah tampil, dari daftar di sebelah kiri dibagian Even Viewer (Lokal) pilih System, akan ditampilkan keterangannya/pesan disebelah kanan (Informations, Error dan warning)
  • Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action > Clear All Events. Ketika muncul konfirmasi akan disimpan, klik saja yes untuk menyimpan semua pesan tersebut. Setelah daftarnya kosong, Restart Komputer
  • Ketika loading biarkan sampai windows tampil penuh, setelah selesai, periksa kembali Event Viewer bagian System (seperti diatas)
  • Coba diamati, terutama bagian Error atau Warning. Periksa kolom waktuya (Time), jika selisih waktu antara pesan tersebut dengan pesan d atasnya cukup jauh (mungkin lebih dari 1 atau 2 menit), maka kemungkinan permasalahannya disitu. Double klik untuk mengetahui permasalahannya

Jika kita bisa memahami permasalahan/deskripsinya maka coba langsung diatasi. Tetapi mungkin sebagian akan kesulitan membaca pesan tersebut, apalagi ada informasi yang sama sekali aneh. Jika seperti itu, catat atau perhatikan pesan yang ada, kemudian kita tanya ke ahlinya (perlu koneksi ke Internet) yaitu dengan membuka alamat ini : http://go.microsoft.com/fwlink/events.asp

Bagaimana Selanjutnya ?
Setelah membuka link tersebut, tampil seperti berikut.

Coba gunakan pencarian yang diatas, jika tidak brehasil gunakan pencarian bagian bawah. Bisa dimasukkan kode event ID atau sebagian isi dari Description. Seharusnya akan ditampilkan artikel atau pembahasan mengenai permasalahan yang ada. (http://ebsoft.web.id)

Bagi yang mempunyai blog atau web site, google saat ini tidak bisa dilupakan begitu saja. Jika kita ingin punya banyak pengunjung maka salah satu caranya bagaimana agar web site / blog kita terindex dengan baik oleh google. Karena google merupakan mesin pencari terbesar, maka terindex-nya web kita tentu akan memberikan keuntungan.

Sebagai contoh, rata-rata lebih dari 80% pengunjung ebsoft berasal dari search engine google. Jika pengunjung sehari sebanyak 4000, maka lebih dari 3200 pengunjung berasal dari google. Bagaimana agar web kita terindex dengan baik oleh google ?

Sebelumnya jika belum pernah memasukkan alamat web ke google, bisa menambahkan di Add your URL to Google. Berikut beberapa langkah atau tips yang bisa dilakukan agar web/blog kita terindex dengan baik oleh google :

1. Daftar di Google Webmaster Tools

Google webmaster tool , bisa dikatakan tool utama (wajib) untuk mengetahui seberapa baik web site kita terindex oleh google. JIka web/blog kita belum di daftarkan, maka segera daftarkan, karena gratis. Setelah ikut mendaftar, maka langkah selanjutnya adalah verifikasi web kita, baik dengan menuliskan kode yang di perintahkan atau menambahkan file html tertentu di root folder kita.

Jika sudah di verifikasi, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan Sitemap menggunakan fasilitas di google webmaster. Apa itu sitemap dan bagaimana membuatnya bisa di baca bagian kedua dibawah ini. Berbagai fasilitas tersedia di google webmaster tools ini adalah :

  • Diagnostics, meliputi gambaran umum, web crawl, mobile crawl dan content analysis
  • Statistics, meliputi kata-kata kunci yang paling banyak dicari dan melalui kata kunci tersebut pengunjung datang ke web kita (Top Seacrh Query), ditampilkan per minggu atau per bulan. Apa yang sebenarnya dilihat oleh Googlebot tentang isi web kita, statistik crawl, index dan juga subscriber.
  • Links, berisi jumlah dan detail link-link dari luar yang menuliskan link ke web kita (external link) dan juga link yang mengarah keluar (internal link), serta Sitelinks ( berisi informasi link tambahan yang tampil di google). Misalnya ketika mencari “ebsoft” akan ditampilkan sitelinks sebagai berikut :
  • Sitemaps, untuk menambahkan sitemap web/blog kita, dan statusnya saat ini.
  • Tools, fasilitas tambahan lainnya seperti Robot.txt, set target lokasi geografi dan lainnya.

Jika sudah berjalan sebulan atau lebih, maka google webmaster akan sangat bermanfaat untuk menganalisa tentang web site kita dan bagaimana cara meng-optimalkannya.

Contoh tampilan statistik (Crawl stats) dari google web master :

2. Tambahkan Sitemap di web/blog

Secara singkat Sitemap merupakan ringkasan apa saja isi website kita. Sitemap biasanya berupa link-link (URL) yang ada di web site kita, baik dalam format HTML maupun XML. Dengan adanya sitemap ini maka akan mempermudah google apa saja yang akan di index (crawl), karena akan dijadikan sebagai referensi utama. Bagaimana membuat sitemap ini ?

Bagi pengguna wordpress ada plugins yang namanya XML sitemap Generator. Dengan plugins ini kita tinggal meng-install, maka ketika kita menulis artikel baru atau mengeditnya, otomatis akan dihasilkan sitemap baru dan otomatis memberi informasi ke beberapa search engine seperti google, MSN, yahoo dan lainnya. Kita juga bisa men-generate sitemap secara manual setiap saat.

Informasi selengkapnya tentang Sitemap, termasuk plugins untuk CMS lainnya bisa dibaca disini XML Sitemap

3. Sebisa mungkin mengikuti petunjuk penulisan (Webmaster Guidelines)

Google telah membuat petunjuk agar isi web kita bisa optimal. Meskipun hal ini tidak wajib, tetapi ada banyak point-point penting dari apa yang dijelaskan di Google Webmaster guidelines yang hendaknya di ikuti. Berikut beberapa point aturan umum dalam membuat konten web/blog :

  • Buat tulisan yang bermanfaat, kaya akan informasi dan tulisan dengan judul sesuai ( Judul mendeskripsikan isinya)
  • Perkiran menulis yang berisi kata-kata yang nantinya akan di cari melalui google atau search engine.
  • Jika menambahkan gambar, pastikan memberikan deskripsi gambar
  • Perhatikan kesalahan penulisan kode HTML ( lebih baik jangan copy paste dari MS Word, karena kode HTML akan berukuran besar dan kadang tidak kompatibel dengan browser)

Masih banyak point-point lainnya yang dianjurkan. Selengkapnya tentang google guidelines ini bisa melihat langsung di Webmaster Guidelines. Selain itu, sebaiknya di hindari artikel yang hanya copy paste saja, karena sepertinya google tidak akan mengindex [dengan baik] artikel yang hanya copy paste dari artikel lain. (ebsoft.web.id)

About ariwahono
karyawan ICCRI (Indonesian Coffe & Cocoa Research Institute) dulu sich pernah kul di perkebunan jember

3 Responses to Tips menigkatkan kinerja komputer

  1. nafasku.com says:

    Trims atas infonya mas. Btw, ijin copy paste boleh ga? ntar blog kamu aku kasih backlink biar dapat banyak pengunjung.

  2. ariwahono says:

    ok, sama-sama boleh di copy & dibagikan ke temen-temen semoga bermanfaat, sory aku baru bisa online coz beberapa hari buanyak kerja diluar kota, salam kenal n sukses

  3. mas_jaka says:

    Trims atas infonya mas, smg bs…! Klu blm bs, blh y mnt bntuana lg? {ya…!!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: