Sepatu Mahal


Sepatu sial untuk Melempari Bush Dimusnahkan

BAGHDAD Persidangan kasus Muntazer al-Zaidi dipastikan tanpa menghadirkan barang bukti. Pasalnya, sepasang Sepatu sial yang dilemparkan si jurnalis bernyali ke wajah Presiden AS George W. Bush saat konferensi pers di Baghdad pada Senin (15/12) itu sudah dimusnahkan oleh pasukan keamanan Amerika Serikat dan Iraq.
Menurut hakim penyelidik yang tak disebutkan namanya, penghancuran barang bukti yang membuat Zaidi menjadi hero dunia Arab di pengujung 2008 itu untuk memastikan di dalamnya tidak ada barang berbahaya, misalnya peledak.
”Sejatinya saya lebih suka jika Sepatu sial itu dijadikan barang bukti. Namun, karena Zaidi sudah mengakui tindakannya, apalagi ada bukti lain berupa rekaman televisi, maka penyelidikan kasus tersebut dapat diteruskan,” ujar sang hakim, seperti dilaporkan AFP kemarin (18/12).
Dimusnahkannya Sepatu sial Zaidi yang oleh Bush disebut bernomor sepuluh itu juga menutup peluang mereka yang mengincar untuk koleksi. Asal tahu saja, pasca insiden yang mempermalukan Bush itu, banyak orang yang berminat untuk mengoleksinya. Warga Baghdad pun berdatangan ke rumah Zaidi untuk menyatakan simpatinya.
Terkait kasusnya, Zaidi terancam meringkuk tujuh tahun di penjara. Dia dituduh melakukan penyerangan terhadap kepala negara asing.
Menurut saudaranya, Durgham al-Zaidi kepada AFP kemarin (18/12), Muntazer al-Zaidi telah datang menghadap hakim penyelidik sehari sebelumnya di Zona Hijau, Baghdad, sebelum hakim melakukan penyelidikan lanjutan terkait kasus tersebut.
Kepada Durgham hakim mengatakan, al-Zaidi menunjukkan sikap kerjasama selama proses penyelidikan. Dalam hearing nanti, semua saudaranya yang selama ini setia menunjukkan dukungannya tak diperkenankan hadir di pengadilan. Pengacara al-Zaidi, Dhiya al-Saadi, mengatakan akan mengajukan penangguhan tahanan dengan jaminan. ”Secara virtual, investigasi sudah selesai. Dia tak mungkin melarikan diri,” katanya.
Terpisah, aksi solidaritas mendukung al-Zaidi dihelat di berbagai negara, termasuk negerinya Bush. Dalam demo di depan Gedung Putih, Washington, demonstran memperolok-olok sang presiden dengan memeragakan memukuli seseorang bertopeng Bush dengan Sepatu sial .
Presiden Bush sendiri menyatakan tak ambil pusing dengan kejadian yang mempermalukan dirinya. ”Saya kira Presiden (Bush) paham bahwa Iraq negara berdaulat, demokratis dan mereka akan memproses sesuai hukum yang berlaku,” kata juru bicara Gedung Putih Dana Perino.
”Presiden tak merasa sakit hati dengan insiden tersebut. Sungguh, kami melihat ke depan,” sambungnya. (ape/ami)

Dikutip dari Jawa Pos 19/12/2008.

About ariwahono
karyawan ICCRI (Indonesian Coffe & Cocoa Research Institute) dulu sich pernah kul di perkebunan jember

One Response to Sepatu Mahal

  1. nafasku.com says:

    sam sama mas. semoga sukses nge-blog ya ! salam blogger wordpress !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: