Rindu Desaku


Minggu, 18 Januari 2009,

Rindu Desaku

Panjang waktu yang telah aku lewatkan di kota ini, semenjak aku beranjak dewasa mencoba untuk hidup mandiri, jauh dari desa kelahiranku, orang tua dan saudaraku satu-satunya. Seperti kebanyakan orang, rasa rindu sering membayangiku dan menggelitik hatiku untuk sejenak melangkah dan berlari pulang ke kampung halamanku. Namun, semua kutahankan karena demi sebuah cita-cita yang sampai saat ini masih belum kutemukan apa sebenarnya yang membuatku menahankan rasa rinduku terhadap keluargaku.

Minggu itu, aku mendapatkan kabar dari desa, betapa bahagianya rasa rinduku bersambut. Namun jauh dari apa yang telah aku bayangkan berita itu ternyata membuatku tidak bisa tidur semalaman. Berita emosi, pikiran keruh dan hati yang gelap membuat seolah-olah isi dunia seperti gelap dan semua orang buta akan perasaan yang telah membuat hatiku gundah. Mamak (bahasa jawa ibu) telah meninggalkan desaku dan tidak tahu apa, kemana sesuatu dan tempat yang dituju. Bapak, mamak dan keluargaku adalah orang-orang yang telah membesarkan badan dan jiwaku. Aku menyayangi mereka melebihi aku menyayangi diriku. Aku ingin semua kembali normal seperti sediakala, kedamaian keluargaku bersama kehidupan desaku yang sekarang sudah mulai terusik arus modernisasi. Aku ingin berlari kembali ke masa kecilku, kesawah-sawah yang meski tidak terlalu subur namun cukup memberikan makan bagi keluargaku dan biaya sekolah SD ku. Aku benar-benar rindu akan masa-masa itu. Ibu…..jangan engkau larut dalam kegelapan, ingat lah Ari kecil yang dulu selalu menunggumu pulang dari sawah selepas pulang sekolah dan berharap membawa oleh-oleh meski Cuma se-ekor ikan wader kecil yang hidup dalam toples. Semoga semua angan-anganku akan terwujud seiring dengan kemajuan di desaku.

Anak Desa

Ari Wahono

About ariwahono
karyawan ICCRI (Indonesian Coffe & Cocoa Research Institute) dulu sich pernah kul di perkebunan jember

Leave a Reply

