Injil Tertua Online


LONDON – Manuskrip Injil yang diyakini tertua dalam sejarah ditemukan. Setelah disatukan kembali, kini dokumen sejarah tersebut bisa diakses semua orang melalui website http://www.codexsinaiticus.org. Untuk menandai hari pertama peluncuran injil versi online, Perpustakaan Nasional Inggris menyelenggarakan pameran yang dimulai kemarin dan berakhir 7 September.

Pengunjung website bisa memilih akan melihat naskah tersebut dengan menggunakan cahaya normal atau lebih terang. Dengan menerangkan cahaya pada angle tertentu, pembaca bisa melihat dengan jelas bentuk fisik dan tekstur naskah kuno tersebut.

Manuskrip yang dinamai Codex Sinaiticus itu berusia sekitar 1.600 tahun. Ilmuwan dari Inggris, Jerman, Mesir, dan Rusia berhasil menyatukan kembali lebih dari separo dokumen tersebut.

Kalangan akademis itu menggunakan teknologi digital resolusi tinggi untuk mengurutkan naskah yang terpisah-pisah yang ditulis dalam bahasa Yunani di atas lembar-lembar kulit domba. Menggunakan teknologi cutting-edge, naskah yang tersimpan terpisah selama 150 tahun tersebut bisa disatukan. Ada 800 halaman naskah yang tersimpan terpisah di Perpustakaan Universitas Leipszig, Inggris, Perpustakaan Nasional Rusia, dan Biara St Chaterine, Mesir.

Setiap gambar kemudian disambungkan dengan mesin transkrip bahasa Yunani. Teknologi tersebut sangat memudahkan para ilmuwan menyatukan bab per bab dan melihatnya dalam bentuk asli. Proyek penyatuan naskah kuno tersebut memakan waktu empat tahun dan baru rampung separonya.

Doktor Scot McKendrick, kepala manuskrip Barat di British Library, London, mengatakan bahwa dokumentasi itu membuka peluang bagi penelitian lebih lanjut. Misalnya, perkembangan awal kristiani dan bagaimana naskah Injil dipancarkan dari satu generasi ke generasi berikut. ”Codex Sinaiticus merupakan salah satu dari khazanah tulisan terbesar di dunia,” ujarnya.(Jawapos 7 Jul 09)

About ariwahono
karyawan ICCRI (Indonesian Coffe & Cocoa Research Institute) dulu sich pernah kul di perkebunan jember

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: